jam ku

Racing


Modifikasi Yamaha Vega Drag Bike; Bertarung Bebek 4-Tak 130 cc, Porting Biola 7.9 Detik

ManiakMotor - Diameter porting masuk (in) bervariasi yang terkecil 25 mm. Diameter ini sesudah arah masuk dari karbu 28 mm dan  sebelum diameter payung klep masuk yang 27 mm. Hasilnya, jalur kabut bahan bakar menuju ruang kepala silinder tersebut seperti biola. Besar, kecil dan besar lagi.
Desain itu menganut aliran cairan yang dipencet seperti selang. Coba saja sampeyan sendiri selaing air bila dipencet sebelum ujungnya akan kuat tembakkannya dan menyebar. Makanya  joki Alvan Chebonk pernah  7.9 detik sekian-sekian di Drag Bike Sragen, Jateng dengan Yamaha Vega Drag Bike ini. Banter, memang. Catatan itu sudah setara pemain papan atas di kelas ini.
Sayang, di Cimahi, Jabar lalu, walau podium kesatu dan kedua lewat Achong dan Bowo Samsonet,  catannya ‘hanya’ 8.3 detik. “Bobot Chebonk jauh lebih ringan dari Acong dan Bowo. Lagian dengan catatan segitu sudah tak ada yang melewati, akhirnya main aman saja,” alasan  Bendol, mekanik TRD VReinz TDC yang markasnya di Salatiga, Jateng.
Kapasitas Vega telah didongkrak sesuai kelas Bebek  130 cc Tune-Up 4-tak yang diikutinya. Katanya dengan bentuk biola, cadangan uap bahan bakar selalu tersedia. Ia tidak akan tumpah semuanya ke ruang bakar.    Begitu kira-kiranya para tunner yang selalu mencoba semua bentuk alur masuk dan buang pada korekan mereka. Nanti tunggu saja bentuk gitar Spanyol, lalu bentuk-bentuk lain dan tiba-tiba yang 'nggak punya bentuk' yang juara, hehe.
Yang jelas, prinsif bahan bakar harus sama tekanannya saat masuk dan buang. Maksudnya, porting buang juga harus punya bentuk yang sama. Ya, biola. Walau diameter porting buang selalu lebih kecil dari masuk. Yang ini terkecilnya 24 mm atau lebih kecil 1 mm dari in. Itu tadi untuk menjaga tersedianya kabut bensin di ruang bakar. Soal merek klep dan pendukungnya silakan tengok DATA MODIFIKASI.
Porting-porting ini dilayani kem atau noken-as yang berdurasi 275o.   Sampeyan tahulah durasinya waktu membukanya lebih banyak 500 dari standar. Kem kompetisi kata orang, walau kemnya digerinda sendiri benjol-benjolannya atau lobe. “Durasi ini masih bisa berubah, lantaran baru lalu saat diturunkan justru lebih rata powernya. Sayang, desain kemnya belum maksimal, masih harus diasah lagi,” tambah Bendol. 
Ya sudah, kebetulan memang akan disudahi ini tulisan dengan karbu PWK28 yang masih direamer. Walau tak dikasih tahu reamernya berapa, bisa ditebak yang paling tinggi dikikis 2 mm dan jadinya disebut PWK30 mm. Karbu ini bisa melayani porting model biola. Biolanya tinggal mengiringi alunan mesin yang blaaar, blaaar, blaaar... di trek lurus. Ghalib
 http://maniakmotor.com/index.php/modifikasi/5022-modifikasi-yamaha-vega-drag-bike-bertarung-bebek-4-tak-130-cc-porting-biola-7-9-detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar